Sabtu, 19 Desember 2009

RANGKUMAN BAB 3

BAB 3

MENGENAL KECEPATAN AKSES INTERNET

  • Pengertian Kecepatan Akses Internet

waktu yang di perlukan oleh sebuah komputer untuk mebuka sebuah alamat web ataupun mengakses layanan-layanan yang ada di dalam computer.

  • Ukuran dan Kecepatan Akses Internet

kecepatan akses internet tidak dapat kita bandingkan hanya dengan melihat waktu yang diperlukan oleh computer untuk mengakses atau membuka sebuah alamat web. Hal ini karena kita memiliki perhitungan sendiri yaitu dengan mendasarkan kepada Kbps(Kilo byt per second). Kbps(Kilo byt per second) dalam kecepatan akses internet mampu menunjukkan banyaknya satuan byte data yang mampu di akses computer dari jaringan internet. Sedangkankecepatan akhir computer untuk menyajikan data dari internet tergantung dari perangkat-perangkat penunjang akses internet.

Contoh:

Sebuah computer memiliki kecepatan 56 Kbps, maka modem akan mampu mentransfer data dengan kecepatan kurang lebih 56 kilo byte setiap detiknya.

Sehingga apabila sebuah data memiliki kapasitas 300 byte maka sebuah computer akan mampu membuka dan menampilkan akses data dalam waktu 5 sampai 6 detik.

  • Faktor Penentu kecepatan Akses

Kecepatan akhir sebuah computer untuk menyajikan data hasil akses internet tidak bisa hanya di lihat dari kecepatan yang di miliki modem,namun masih banyak hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Hal-hal yang dapat mempengaruhi kecepatan akses internet antara lain:kecepatan komunikasi modem,computer pengguna,jaringan yang digunakan (telepon),kecepatan ISP,serta server tujuan.

  1. kecepatan komunikasi modem

Ukuran kecepatan komunijasi sebuah modem menunjukkan salah satu di antara dua

hal koneksi,yaitu:

-kecepatan komunikasi dari komputer ke modem

-kecepatan komunikasi dari modem di computer kita ke modem ISP yang di hubungi

Namun adakalanya kecepatan modem dalam mengakses internet kurang dari kecepatan yang di miliki oleh sebuah computer. Contoh modem dengan kecepatan 56 Kbps hanya mampu mengakses data dari internet sebesar 50 Kbps.

Untuk mendapatkan kecepatan efektif modem sesuai dengan ukuran kecepatan yang d i miliki perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sebelum melakukan koneksi di internet,sebaiknya memastikan dahulu modem yang akan di gunakan sudah diinstall dengan driver yang tepat dari manufaktur (pembuat) modem tersebut bila perlu, driver tersebut di-update.
  2. Sebaiknya jangan menggunakan driver generic atau berbeda merek,karena meskipun bisa di gunakan tetapi performansi (kinerja) modem tersebut akan menurun, lamban atau tidak stabil. Setting modem juga harus benar. Kecepatan modem bisa di set sedikit di bawah batas maksimalnya agar lebih optimal.
  3. Jangan menset modem melampaui batas maksimal. Hal itu akan menyebabkan banyak terjadi error rate atau kesalahan pengiriman bit-bit informasi.
  4. Isikan nomor telepon (dial up) ke penyedia layanan internet atau Internet Servie Provider (ISP) dengan benar. Kode area bisa di kosongkan agar ruet koneksi lebih cepat. Jangan sampai terlupa, pastikan kabel telepon sudah tersmbung ke modem.

  1. Komputer pengguna

Penyebab gangguan koneksi pada perangkat computer bisa berasal dari peranti keras (hardware) maupun peranti lunak (soft ware) yang diinstal pada computer.

Kecepatan akses dilihat dari software computer di tentukan oleh beberapa hal, antara lain kemampuan prosesor yang di gunakan dan besar memori yang di pakai.

Sistem operasi (Operating System/OS) yang tidak stabil juga bisa mengganggu koneksi internetmisalnya pada saat berselancar, computer tiba-tiba menjadi hang, restart, atau shutdown denagan sendirinya . Untuk mengatasinya, computer tersebut dapat diinstall ulang denagn memakai CD installer asli yang di lengkapi nomor lisesi yang benar. Cek juga keberadaan protocol TCP/IP pada system operasi kompuer kita.

  1. Jaringan telepon

Kualitas koneksi dial up juga bergantung pada kondisi jaringan telepon yang kita pakai. Kabel telepon rusak atau lecet bagian pelindungnya bisa menurunkan kualitas koneksi. Hindarkan penggunaan telepon parallel untuk melakukan dial up, sebab koneksi yang terjadi tidak akan optimal karena kekuatan sinyal telepon menjadi turun.

Jika pesawat telepon lainnya di angkat (off hook) maka koneksi bisa terputus secara tiba-tiba (disconnect). Salah satu saluran parallel tersebut di lepaskan dahulu, lalu di gunakan saluran saja untuk melakukan dial up.

  1. ISP

Jika ingin menghubungkan computer kita ke internet, kita harus menghubungkan computer kta ke sebuah ISP tertentu.

Dari sisi ISP, gangguan koneksi bisa berupa saluran sedang sibuk (busy). Biasanya terjadi pada jam-jam kerja di siang hari karena banyak pengguna yang mengakses internet, terutama dari perkantoran. Cobalah untuk melakukan pada pagi hari atau malam hari, sebelum dan sesudah kantor

  1. Server Tujuan

Sering kali kita mengalami akses lambat ke situs (web) tertentu. Hal ini kemungkinan karena kondisi jalur ke server tujuan sedang padat, misalnya situs tersebut sangat popular sehingga banyak yang mengunjunginya. Beban lalu lintas informasiyang padat ini biasanya diatasi oleh ISP dengan menggunakan proxy server yang berfungsi untuk menyimpan sementara informasi atau situs yang sering dikunjungi oleh pelangganya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar